Jakarta
28°
few clouds
humidity: 78%
H 30 • L 29
Weather from OpenWeatherMap

Setting Rem Tangan Datsun Go / Go+ Panca

Datsun Go/Go+ memiliki model hand brake atau rem tangan diposisi bagian kiri bawah setir, hal ini seperti fitur hand brake pada Ford Ranger atau Toyota Kijang. Pemilihan model hand brake ini tentunya membuat kikuk atau kagok bagi pengemudi yang biasa menggunakan hand brake model di tengah kursi row 1.

cropped-2014_06_25_09_14_38_20140625_datsun_go_panca-021

Berikut artikel yang saya dapatkan dari Otomotifnet.com yang mengulas mengenai cara setting untuk Hand Brake Datsun Go+ Panca atau Datsun Go Panca. Semoga bermanfaat.

Desain hand brake atau emergency brake Datsun Go+ Panca cukup unik. Rasanya, baru Go+ Panca yang kembali menerapkan rem tangan model ini, selain beberapa kendaraan niaga. Selain butuh adaptasi agar terbiasa, mesti diingat juga nih cara setelnya ketika rem mulai terasa kendor.

Cara mengaktifkannya memang tinggal menarik tuas yang terletak di bawah dasbor. Pun begitu, untuk melepasnya tinggal memutar tuas ke atah kiri, lalu lepas agar kembali ke posisi semula. Nah, rem tangan model ini pun butuh penyetelan ketika posisi penguncinya sudah mulai melar. Dikarenakan tendensi dari kabel, seiring dengan seringnya penggunaan.

Normalnya kendaraan benar-benar mengunci pada tingkat ke tiga sampai lima. Namun jika pemilik kendaraan LCGC keluaran Datsun ini sudah perlu dilakukan penyetelan ulang, tidak perlu pusing. “Caranya cukup mudah dengan hanya bermodalkan kunci ring 10 mm,” terang Aim Suratna, mekanik OTOMOTIF Service Station (OSS) di Jl. Panjang No.8A, Jakbar.

Bicara soal perawatan, rem tangan kendaraan yang memiliki basic mesin mirip Nissan March ini tidaklah sulit. Untuk pengecekan kampas, sebaiknya serahkan ke bengkel resmi karena harus membuka teromol belakang.

Periode pengecekan sama dengan kendaraan Nissan yang lainnya setiap 20 ribu km. Bagian yang perlu dicek tentunya kondisi kabel dan kampas rem tangan,” ujar Hendrawan, Kepala Bengkel Nissan Puri Indah, Jakbar. Selain dicek, tentu teromol turut dibersihkan dari debu.

OTOMOTIF yang dibantu OSS, praktek langsung dan memberikan panduan step by step buat penyetelan rem tangan Datsun Go+ Panca. Silahkan disimak.

1. Majukan jok depan kiri dan kanan supaya memudahkan akses penyetelan. Tarik ke belakang karpet penutup tempat setelan rem tangan.

rem-tangan-datsun-go

2. Terlihat ada cover berbahan besi berwarna abu-abu. Tinggal tarik cover-nya ke arah belakang, supaya terlihat baut penyetelan rem tangan.

rem-tangan-datsun-go1

3. Masukan kunci ring 10 mm ke baut penyetelan. Cara menyetelnya cukup putar searah jarum jam untuk memperpendek jarak main. Sedangkan untuk memperpanjang jarak main, putar mur dengan arah anti-clockwise.

rem-tangan-datsun-go2

4. Lakukan pengecekan kinerja rem tangan apakah sudah sesuai dengan yang diinginkan. Ingat, normalnya paling banyak 5 tingkat.

rem-tangan-datsun-go3

Selamat mencoba dan keep safety driving

Sumber: Otomotifnet.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sekretariat:
Perumahan Taman Duta Mas Blok E7 No.2, RT008/RW009,
Kel.Wijaya Kusuma, Kec.Grogol Pertamburan, Jakarta Barat

Kontak:
Rony Awi – 0812 1333 5900
Firman – 0813 1574 9223

Email:  [email protected]

Our Partners







Contact Person Chat With Us