Jakarta
27°
few clouds
humidity: 83%
wind: 2m/s SW
H 29 • L 29
Weather from OpenWeatherMap

Di Jakarta Ada Hutan? Tengok 5 Hutan Kota di Jakarta Ini Biar Loe Percaya

21 June 2016

 

Kalau dengar Jakarta punya taman, ya enggak heran lagi lah ya, Polkageng. Apalagi buat yang pernah bolos sekolah nih, taman emang jadi salah satu tempat buat “ngumpet”. Tapi loe bisa percaya enggak percaya kalau ternyata di Jakarta ada banyak hutan, tepatnya hutan kota. Hutan kota di Jakarta ini bahkan bisa ditemui di setiap kota madya.

Emang enggak bisa dipungkiri kalau Jakarta lekat dengan kesemrawutan, baik orang-orangnya maupun lingkungannya. Katanya, Jakarta keras. Orang Jakarta keras-keras, mungkin karena hidupnya lebih banyak dikelilingi oleh beton-beton, jadi mirip-mirip deh sifatnya. Saking kuatnya anggapan itu, keberadaan ruang terbuka hijau (RTH), apalagi hutan kota di Jakarta, di antara gempuran gedung-gedung tinggi jadi semacam mitos.

Nah, supaya kepala loe enggak kenceng kayak motor-motor yang lalu lalang di Jakarta dan hati loe enggak mengeras seperti beton yang menguasai Jakarta, loe perlu nih berada di tengah-tengah RTH. Salah satunya di hutan kota yang ada di Jakarta. Hutan kota di Jakarta ini bisa jadi filter dan sumber tenaga supaya loe enggak kaku-kaku amat jadi orang, jadi seperti disegarkan kembali. Di hutan kota ini, loe akan disambut dengan jejeran pohon-pohon menjulang tinggi yang menghasilkan udara sejuk.

Hutan Kota Srengseng, Hutan Kota di Jakarta yang Dulunya Tempat Penampungan Sampah

Teater terbuka di Hutan Kota Srengseng bisa dipakai untuk gelar acara via kidnesia.com
Teater terbuka di Hutan Kota Srengseng bisa dipakai untuk gelar acara via kidnesia.com

Hutan kota di Jakarta Barat ini merupakan hutan buatan. Awalnya, daerah yang ditumbuhi pohon-pohon tinggi ini adalah tempat pembuangan sampah. Lalu pada 1993, daerah tersebut diubah jadi hutan kota, sehingga hutan kota di Jakarta Barat ini termasuk hutan buatan. Caranya dengan menggali tanah dan menimbuh sampah yang ditampung di sana. Ajaib ya, di atas penampungan sampah itu kini jadi daerah yang hijau dan asri.

Selain berbentuk hutan buatan, hutan kota ini juga menyimpan danau buatan. Danau buatan ini menambah kesan ruang terbukanya makin kerasa. Ditambah lagi, Hutan Kota Srengseng ini memiliki luas sekitar 15 hektar. Keasyikan berkeliling bisa bikin loe betah berlama-lama di hutan kota di Jakarta Barat ini.

Buat masuk ke hutan kota di Jakarta Barat ini enggak butuh banyak modal. Kurang dari 5000 rupiah loe udah bisa menikmati keasrian di dalamnya. Selain buat berekreasi, di Hutan Kota Srengseng loe bisa berolahrga, juga bikin acara, karena di sini disiapkan trek lari yang mengelilingin hutan dan teater terbuka. Asyik sih kalau ke sini bawa bekal. Tapi kalau loe enggak bawa pun enggak usah khawatir. Karena di sini ada beberapa warung yang menjual makanan dan minuman.

Hutan Kota Kemayoran, Hutan Kota di Jakarta Bekas Bandara

Hutan Kota Kemayoran via www.setneg-ppkk.co.id
Hutan Kota Kemayoran via www.setneg-ppkk.co.id

Hutan kota di Jakarta terdapat pula di daerah asal musisi kenamaan Jakarta, Benyamin Sueb. Hutan kota di Jakarta Pusat ini berdiri di atas bekas Bandara Kemayoran dan baru dibangun pada tahun 2006. Meski tergolong baru, hutan kota di Jakarta Pusat ini sudah menjadi rumah bagi pepohonan dan beberapa jenis burung dan serangga yang senantiasa menjaga keseimbangan ekosistem.

Hutan kota di Jakarta Pusat ini punya banyak peran penting buat daerah sekitarnya lho, Polkageng. Ia jadi sumber oksigen buat Jakarta yang semakin berkurang. Hutan Kota Kemayoran juga dibuat sebagai daerah konservasi yang ditanami berbagai jenis tumbuhan penyangga kehidupan. Termasuk jadi daerah penyimpan air tanah.

Hutan kota di Jakarta Pusat ini juga berfungsi sebagai pengendali banjir. Selain berbentuk hutan buatan, Hutan Kota Kemayoran juga terdapat waduk buatan yang mengatur keluar-masuk air. Keberadaan waduk buatan itu bikin ademnya hutan kota di Jakarta Pusat ini ekstra banget.

Hutan Kota Komplek Lanud Halim Perdana Kusuma, Hutan Kota di Jakarta Peredam Suara Pesawat

Gerbang Komplek Lanud Halim Perdana Kusuma via garudamiliter.blogspot.com
Gerbang Komplek Lanud Halim Perdana Kusuma via garudamiliter.blogspot.com

Berbeda dengan hutan kota yang ditinggali oleh pohon-pohon rapat dan tinggi, hutan kota di Jakarta satu ini berupa hamparan padang golf. Hutan Kota di Komplek Lanud Halim Perdana Kusuma memang dibuat untuk menunjang kegiatan khas landasan udara. Dibuat seperti itu untuk meredam kebisingan dan mengurangi polusi dari pesawat yang datang dan pergi. Makanya, jenis pohon yang ditanam di hutan kota di Jakarta Timur ini adalah pohon yang tidak disukai burung.

Selain buat mendukung aktivitas lanud, di hutan kota ini bisa rekreasi juga, serta berolahraga. Pada waktu-waktu tertentu, para tentara memanfaatkan hutan kota ini buat latihan. Nah, baiknya sebelum loe masuk ke kawasan ini, tanya dulu pada petugas sekitar situ. Daripada nanti barengan sama tentara laitiha, loe disuruh ikut lari dan push-up lagi!

Hutan Kampus Universitas Indonesia, Hutan Kota di Jakarta dalam Kampus

Menara pantau di Hutan Kota Kampus UI via s1037.photobucket.com
Menara pantau di Hutan Kota Kampus UI via s1037.photobucket.com

Buat mengunjungi hutan kota di Jakarta satu ini agak melipir ke pinggir Jakarta. Sesuai namanya, letak hutan kota ini berada di kawasan Universitas Indonesia. Meskipun letaknya menyerempet daerah Depok, hutan kota ini masih diatur di bawah Surat Keputusan Gubernur DKI Jakarta. Soalnya, sebagiannya juga ada di atas wilayah Jakarta Selatan.

Hutan kota seluas 55 hektar ini berfungsi sebagai kawasan resapan air, tempat penelitian buat mahasiswa, dan jadi contoh nyata dalam penyuluhan tentang pelestarian lingkunga hidup. Dengan luasnya yang besar, Hutan Kota Kampus UI tempat terbentangnya lima danau. Uniknya, jika huruf awal nama danau ini disatukan, menjadi kata ‘kampus’. Keenam danau itu ada Danau Kenanga, Danau Aghatis, Danau Mahoni, Danau Puspa, Danau Ulin, dan Danau Salam.

Hutan Kota Banjir Kanal Barat,  Hutan Kota di Jakarta di Bantaran Sungai

Banjir Kanal Barat dari ketinggian via s1037.photobucket.com
Banjir Kanal Barat dari ketinggian via s1037.photobucket.com

Hutan kota di Jakarta Utara ini terletak di sekitar bantaran sungai di Penjaringan. Karena letaknya di bantaran sungai, fungsinya pun buat melindungi abrasi. Tapi loe bisa juga datang ke sini buat bersantai. Hutan kota yang sudah dibangun sejak 2003 ini awalnya tempat masyarakat sekitar menanam sayur. Kini, daerah Hutan Kota Banjir Kanal Barat mulai menghijau dan mulai jadi tempat tinggal satwa liar seperti beberapa jenis burung dan kadal.

Nah, coba pas keliling, bikin telinga loe lebih peka, mata loe siaga, loe bisa menemukan burung dan hewan lainnya yang berhabitat di hutan-hutan kota di Jakarta ini. So, loe enggak cuma bisa menikmati dan mensyukuri ternyata masih ada udara bersih dan lanskap hijau di Jakarta. Dan pastinya, Polkageng wajib jaga kebersihan saat berkunjung ke hutan kota, ya!

 

Sumber: https://polka.id/hutan-kota-di-jakarta-jadi-alternatif/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sekretariat:
Perumahan Taman Duta Mas Blok E7 No.2, RT008/RW009,
Kel.Wijaya Kusuma, Kec.Grogol Pertamburan, Jakarta Barat

Kontak:
Rony Awi – 0812 1333 5900
Firman – 0813 1574 9223

Email:  [email protected]

Our Partners







Contact Person Chat With Us